Tangga Brakiasi : Manfaat dan Kegunaannya

tangga brakiasi

Bulan September 2020 lalu, akhirnya kami memutuskan untuk memiliki tangga brakiasi sendiri di rumah. Dimana sebelumnya, tangga brakiasi belum ada dalam rencana anggaran pendidikan keluarga kami.

Alasannya, saat itu kami merasa bahwa aktivitas fisik anak-anak selama ini telah terfasilitasi dengan baik, karena hampir setiap hari mereka berkegiatan di alam terbuka, seperti : bermain, berlari, berguling di tanah lapang, meniti galangan sawah, mendaki gundukan tanah, bebatuan, dan lain-lain.

Hingga suatu hari kita semua dipertemukan dengan pandemi, yang mana tidak seorang pun tahu kapan wabah ini akan berakhir. Hal ini sangat berdampak pada terbatasnya ruang gerak anak-anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

Nah, dari sinilah kami mencari informasi dan belajar kembali untuk menemukan solusi supaya kebutuhan olah fisik anak-anak tetap terpenuhi dengan maksimal meskipun di rumah saja.

Berbicara kebutuhan anak-anak, khususnya kebutuhan akan aktivitas fisik mereka selama pandemi ini, akhirnya kami melirik tangga brakiasi sebagai solusi untuk melengkapi menu kebutuhan fisik mereka, dan sebuah berkah tersendiri ketika kami dipertemukan dengan tangga brakiasi anak Joywood, yang merupakan brand tangga brakiasi anak asli buatan Indonesia.

Bersyukur karena kami (terutama anak-anak) merasakan banyak sekali manfaat dari kehadiran tangga brakiasi ini, yang benar-benar tidak kami ketahui sebelumnya.

Itulah alasan kami mengapa kemudian ingin menulis artikel dan membahas benefit dari tangga brakiasi berdasarkan pengalaman yang telah kami dapatkan selama ini.

Kami ingin memberikan testimoni dan berbagi informasi kepada sesama orang tua, yang mungkin saat ini sedang mencari solusi untuk memfasilitasi kebutuhan aktivitas fisik putra-putrinya selama pandemi, yang sebenarnya tidak dalam kondisi pandemi pun, tangga brakiasi ini tetap recommended untuk dimiliki.

Nah, sebelum membahas tentang tangga brakiasi lebih jauh, saya ingin membahas dulu apa sih sebenarnya brakiasi itu.

Apa sih Brakiasi itu ?

tangga brakiasi

Arti kata brakiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cara gerak orang utan dan jenis kera lainnya dengan menggelantung pada cabang pohon dan mengayunkan tubuhnya ke depan dengan bantuan lengan.

Brakiasi Bagian Dari Perkembangan Manusia

Dilansir dari website evolvemoveplay, brakiasi adalah bagian dari perkembangan utama manusia – primary human development– (menyeret, merangkak, berdiri, berjalan kemudian brakiasi)

Terjadi kesalahan besar di sistem pelatihan fisik modern saat ini karena kebanyakan dari mereka telah mengabaikan ayunan dari tangan.

Penting mengenalkan anak-anak brakiasi, karena brakiasi adalah bagian dari kemampuan gerakan yang sangat penting untuk perkembangan anak, mengingat akar manusia sebagai anggota ordo biologi primates, dan gerakan ini sangat baik untuk perkembangan tubuh bagian atas anak.

Banyak ahli paleoantropologi percaya bahwa postur tegak yang dimiliki manusia, dulunya berkembang bukan untuk berjalan tetapi untuk memanjat dan berayun, hal ini merupakan bagian utama dari adaptasi gerakan bagi anggota genus pertama manusia, yaitu homo habilis.

Sementara evolusi yang terjadi pada kita selama dua juta tahun terakhir ini lebih mengkhususkan manusia untuk berjalan dan berlari secara bipedal, meskipun demikian berdasarkan konfigurasi bahu, dalam perkembangannya manusia memiliki bentuk untuk menggantung dan berayun, sehingga kemampuan memanjat dan mengayun tetap menjadi bagian utama gerakan manusia di seluruh dunia.

Yang Penting Dari Brakiasi

Kenapa brakiasi ini penting ???

Karena berayun dari satu palang pegangan tangga ke palang pegangan berikutnya membuat otak kanan dan kiri bekerja sama, hal ini penting untuk perkembangan neurologis anak.

Kesalahan orang dewasa adalah sering adanya kecenderungan berpikir bahwa kegiatan ini berbahaya untuk anak-anak karena mereka mengira bahwa anak-anak tidak cukup kuat untuk melakukan hal tersebut.

Padahal jika difasilitasi dengan tangga brakiasi yang cukup rendah, secara reflek kebanyakan dari anak-anak ini pasti akan bergelantung dan berayun secara berselang seling dengan sendirinya, karena mereka dapat mengangkat lengannya dengan mudah.

Pola bergelantung dan mengayun secara bergantian dari palang pegangan tangga yang satu ke yang lain tersebut merupakan bagian terpenting dari kegiatan brakiasi ini.

Manfaat Brakiasi Untuk Anak

Aktivitas brakiasi dapat memfasilitasi perluasan kandang toraks, sehingga paru-paru dapat berkembang dengan baik dan otak akan mendapatkan lebih banyak oksigen.

Jadi bagi anak yang melakukan brakiasi, aktivitas ini tidak hanya akan memperkuat struktur pernapasan untuk kepentingan kesehatannya, tetapi juga untuk perkembangan intelektualnya.

Sama dengan aktivitas menaiki tangga, setiap gerakan brakiasi, mampu memperkuat jalur sel saraf yang menghubungkan kedua sisi otak.

Gill Connell dan Cheryl McCarthy, dalam bukunya A Moving Child is a Learning Child menyatakan bahwa “Memanjat, menggantung, mengayun, dan aktivitas berenergi tinggi lainnya yang membangun kekuatan di tubuh bagian atas dan otot inti adalah prekursor penting untuk keterampilan motorik halus”. 

Diluar dugaan ternyata manfaat brakiasi sangat mengejutkan, aktivitas ini tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar anak saja, tetapi juga keterampilan motorik halus dan keterampilan lainnya yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak di kemudian hari.

Bagi anak-anak yang mendapatkan keterampilan brakiasi sejak dini, sangat memungkinkan jika mereka akan lebih mudah dan tangkas saat menulis nanti, aktivitas brakiasi juga meningkatkan konvergensi mata, dan mengembangkan lateralitas otak.

Wow, ternyata manfaat aktivitas brakiasi sangat banyak ya Moms, sangat disayangkan jika anak tidak memperoleh kesempatan mendapatkan stimulasi brakiasi secara maksimal sejak dini.

Ada sebuah metode yang memanfaatkan brakiasi ini sebagai media stimulasi anak, metode tersebut dikembangkan oleh Glenn Doman, dan dikenal dengan sebutan metode Glenn Doman.

Brakiasi dan Metode Glenn Doman

tangga brakiasi

Tangga brakiasi dikenal sebagai salah satu media untuk stimulasi anak yang digunakan dalam metode yang dikembangkan oleh Glenn Doman.

Glenn Doman adalah seorang tokoh yang dikenal dunia karena telah mengkaji fungsi dan perkembangan otak serta kecerdasan anak. 

Doman menghabiskan waktunya untuk meneliti segala sesuatu yang berhubungan dengan anak-anak selama kurang lebih 30 tahun.

Dilansir dari domaninternational.org , dalam metode Glenn Doman, brakiasi sering digunakan sebagai treatment untuk anak-anak yang di diagnosa autism, ADD, developmental delays, trisomy 21, learning problem, cerebral palsy dan kebutuhan khusus lainnya. Bahkan Doman International sendiri telah menggunakannya selama lebih dari 50 tahun.

Mengapa tangga brakiasi banyak digunakan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus?

Melalui penelitian selama bertahun-tahun, Glenn Doman menemukan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus seringkali memiliki dada yang lebih kecil dari rata-rata, anak-anak ini sering memiliki kapasitas paru-paru yang lebih kecil dari anak normal pada umumnya.

Tangga brakiasi membantu anak-anak tersebut mendapatkan stimulasi brakiasi dengan maksimal sehingga paru-paru mereka dapat berkembang dengan baik dan matang, hal ini membuat suplai oksigen ke otak lebih banyak.

Mengapa dada yang kecil tidak baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus?

Jika seorang anak memiliki dada yang kecil artinya kapasitas paru-parunya pun lebih kecil. Sedangkan oksigen adalah makanan otak dan penting bagi fungsi dan pengembangan otak. Jika anak-anak kurang optimal dalam mendapatkan oksigen saat bernafas, hal ini dapat berdampak pada perkembangan mereka secara keseluruhan.

Apapun masalah yang berhubungan dengan pernapasan dapat mempengaruhi perkembangan kognitif dan speech development anak, masalah pernafasan ini juga berpengaruh terhadap stamina fisik anak, bahkan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit pernapasan.

Untuk itu para staff di Doman International memiliki banyak program untuk melatih  pernafasan anak-anak berkebutuhan khusus. Program-program ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan kedalaman bernapas, sedangkan brakiasi merupakan latihan pendukung yang dirancang untuk memperkuat kapasitas paru-paru dan ukuran dada, dalam menjalankan program-program pernapasan ini.

Manfaat brakiasi sendiri adalah memperkuat otot-otot tangan dan melatih koordinasi tangan dan mata anak. Brakiasi juga sangat penting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, karena anak-anak bebas bergerak menggunakan tangannya, hal ini dapat mengembangkan keterampilan menulis dan mengetik mereka di kemudian hari.

Bagaimana cara mengajarkan anak balita agar dapat melakukan brakiasi

Seluruh program dan jadwal penggunaan brakiasi sebenarnya telah tertulis lengkap di dalam buku “Fit Baby, Smart Baby, Your Baby! , yang ditulis oleh Glenn Doman sendiri bersama putranya Douglas Doman.

Buku ini memberikan semua petunjuk yang kita butuhkan, hanya saja buku tersebut di Indonesia tidak banyak yang menjual, misal ada yang menjual pun biasanya proses untuk sampai ke tangan pembeli sangat lama dikarenakan buku tersebut harus diimpor langsung dari US atau UK.

Tetapi jangan khawatir Moms, meskipun susah sekali mendapatkan bukunya, apalagi yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ada beberapa tips yang telah disampaikan oleh para staff di Doman International untuk mengajarkan anak supaya terampil brakiasi.

Apa saja tips-tipsnya ? Moms bisa baca artikel dibawah ini ya :

Tips Mengajarkan Anak Supaya Terampil Brakiasi

Sebenarnya supaya Moms lebih maksimal melatih anak menggunakan tangga brakiasinya, maka Moms disarankan membaca buku “baby fit, baby smart, Your baby” yang telah ditulis oleh Glenn Doman dan Douglas Doman seperti yang telah disampaikan diatas, karena jadwal yang diuraikan dalam buku ini cukup membantu orang tua dalam mendampingi putra-putrinya terampil brakiasi.

Namun, bukan berarti Moms tidak dapat melatih si kecil melakukan brakiasi hanya karena keterbatasan untuk mendapatkan petunjuk di dalam buku tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat Moms aplikasikan agar maksimal dalam memberikan stimulasi. Berikut tips mengajarkan anak supaya terampil brakiasi :

  • Miliki tangga brakiasi, ini adalah hal yang sangat mendasar, memiliki sebuah tangga brakiasi di rumah Anda sendiri tentunya lebih praktis daripada harus melakukan perjalanan ke taman bermain atau sekolah untuk melakukan program ini. Sekadar memiliki tangga di rumah merupakan langkah terbesar yang perlu Moms ambil untuk membuat program ini sukses.
  • Mintalah anak untuk melihat anak-anak lain melakukan brakiasi, langkah sederhana ini biasanya berhasil memberi semangat kepada anak untuk mencoba melakukan brakiasi seperti anak lain, bisa dengan melihat langsung atau melalui tayangan video.
  • Jika belum memiliki tangga brakiasi, Moms bisa memulai dengan meminta anak bergelantung di tiang kayu. Hal ini akan membangun kekuatan lengan dan tangan anak, sehingga akan membuat mereka lebih mudah belajar brakiasi.
  • Atur waktu latihan bergelantung dan brakiasi untuk anak ya Moms, lima menit dalam sehari untuk berlatih sudah sangat cukup, apalagi untuk yang baru belajar. Hal ini supaya tangan anak dapat beristirahat dengan baik, jika tidak anak bisa jadi akan mengalami ketidaknyamanan atau kelelahan di tangan mereka sepanjang hari.
  • Ajak anak berhenti melakukan brakiasi sebelum mereka menginginkannya untuk berhenti. Yang terbaik adalah menghentikan sesi latihan mereka, meskipun mereka ingin berlatih lebih lama, sebaliknya juga jangan memaksa mereka berlatih lebih lama dari yang mereka inginkan.
  • Setelah anak dapat bergelantung dengan baik, mulailah mengajarinya untuk berayun. Jika anak bisa bertahan dengan baik antara 20-60 detik, anak dapat mulai berlatih brakiasi. Mulailah perlahan, dan perhatikan pinggul anak saat berayun.
  • Sangat penting melakukan program ini dengan frekuensi tinggi, Moms bisa membuat lagu dan permainan untuk membuat anak bersemangat kembali untuk berlatih, salah satu contoh atau tips yang bisa digunakan bersama anak-anak agar bersemangat melakukan brakiasi adalah dengan meletakkan sebuah buku favorit di bagian atas tangga, di bagian paling akhir, jika mereka berhasil mengayunkan tangan dan memegang buku tersebut, sebagai hadiah Moms akan membacakan buku itu untuk mereka sampai selesai, ini adalah salah satu tips yang membuat mereka happy untuk berlatih brakiasi.

Apa sih Tangga Brakiasi itu ??

tangga brakiasi

Jika di artikel sebelumnya membahas tentang apa itu brakiasi dan apa saja manfaat dari aktivitas brakiasi.

Disini akan membahas apa itu tangga brakiasi dan seberapa penting tangga brakiasi tersebut sehingga layak untuk dimiliki baik oleh keluarga maupun institusi sekolah, terutama sekolah yang menyelenggarakan pendidikan untuk anak usia dini.

Tangga brakiasi adalah media untuk memfasilitasi anak melakukan brakiasi, alat ini didesain untuk memudahkan anak melakukan brakiasi atau bergelantungan sehingga mampu melatih otot dan ketangkasan anak.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh langsung dari Joywood -Brand Tangga Brakiasi Anak Indonesia- tangga brakiasi dapat dilakukan oleh anak usia dini sejak mereka mulai merangkak, hal ini sangat baik untuk perkembangan fisik dan mentalnya, stimulus fisik yang maksimal dapat mempengaruhi kecerdasan otak pada anak.

Manfaat Tangga Brakiasi Untuk Anak

tangga brakiasi

Ternyata banyak sekali manfaat yang anak-anak peroleh ketika bermain menggunakan tangga brakiasi ini. Kami benar-benar merasakannya setelah hampir satu tahun memiliki dan menggunakannya langsung secara rutin di rumah.

Bersyukur sekali, karena pada akhirnya upaya kami mengembalikan hak anak-anak untuk bebas bergerak secara aktif di masa pandemi ini terpenuhi dengan baik berkat tangga brakiasi Joywood.

Berikut berbagai manfaat yang kami rasakan selama memfasilitasi aktivitas fisik anak-anak menggunakan tangga brakiasi :

  • Melatih dan mengasah motorik anak baik halus maupun kasar.

Bermain menggunakan tangga brakiasi seperti mengajak anak berolahraga tanpa harus keluar rumah, setiap gerakan anak selama melakukan brakiasi mengharuskan anak bergerak secara total, sehingga baik motorik halus maupun kasarnya terasah dengan maksimal.

  • Kegiatan mengolah tubuh menggunakan tangga brakiasi baik sekali untuk kesehatan anak. 

ketika tubuh anak bergerak secara total, maka secara otomatis anak akan mengeluarkan banyak energi dan keringat sehingga menjaga tubuhnya tetap prima.

  • Bermain menggunakan tangga brakiasi dapat menyalurkan energi anak dengan baik.

Anak usia dini mempunyai energi yang melimpah ruah, jika energi tersebut dapat tersalurkan dengan baik maka fokus dan konsentrasinya akan meningkat.

  • Melatih keseimbangan dan fleksibilitas anak.

Dengan memanjat tangga, bergelantung dan berayun, melatih anak untuk belajar keseimbangan dan fleksibilitas.

  • Meningkatkan kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kaki anak.

Tangga brakiasi memberikan fasilitas agar anak dapat memanjat, bergelantungan, dan berayun, dibutuhkan fokus yang tinggi, serta koordinasi mata, tangan, dan kaki dalam setiap memutuskan gerakan yang akan anak ambil, hal ini jika dilakukan secara rutin kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kaki anak makin terasah dengan baik.

  • Menguatkan otot anak.

Ketika anak mampu menahan beban tubuhnya saat bergelantung, hal ini dapat melatih ketangkasan dan kekuatan otot-otot tangan dan lengan mereka.

  • Menguatkan tulang-tulang anak.

Selain bagus untuk otot, beraktivitas menggunakan tangga brakiasi sangat baik untuk membantu anak mengembangkan kekuatan tulang-tulangnya, tidak hanya kuat, tetapi juga sehat.

  • Meningkatkan pernapasan serta oksigenasi pada anak.

Tidak hanya bagus untuk otot dan tulang, brakiasi juga bermanfaat untuk melatih kekuatan rongga-rongga pernapasan, sehingga berdampak positif untuk meningkatkan pernapasan dan oksigenasi pada anak sehingga mampu mencegah atau menurunkan munculnya penyakit pernapasan.

  • Memanjat dari satu anak tangga ke anak tangga yang lain, lalu bergelantung, sesaat kemudian berayun dari satu palang pegangan tangga ke palang pegangan yang lain bukanlah hal yang mudah untuk anak, dibutuhkan strategi untuk mencapai finish tanpa mengalami kegagalan. Inilah manfaat yang sangat terasa sekali begitu anak-anak beraktivitas menggunakan tangga brakiasi selama di rumah, kemampuan mereka dalam mengatur strategi, kreativitas, problem solving dan kepercayaan diri sangat meningkat.
  • Sepakat dengan pernyataan bahwa aktivitas fisik menggunakan tangga brakiasi mampu memperpanjang tulang rusuk, perpanjangan toraks yang lebih besar sehingga lebih banyak oksigen untuk otak, jika oksigen lebih banyak masuk ke otak maka kecerdasan anak meningkat, mengingat tulisan diatas bahwa oksigen adalah makanan bagi otak.
  • Membantu anak mendapatkan postur tubuh yang ideal dan perkembangan punggung yang tepat.
  • Mengembangkan kemampuan latelaritas otak.

Salah satu organ tubuh manusia, terdapat bagian yang berfungsi mengendalikan semua gerak dan fungsi tubuh, termasuk berbahasa, yaitu otak.

Teori Lateralisasi adalah satu teori yang dapat ditarik secara jelas bahwa belahan korteks dominan (hemisfer kiri) bertanggung jawab untuk mengatur penyimpanan pemahaman dan produksi bahasa alamiah. Dalam hal ini berhubungan dengan kemampuan speech development anak.

  • Meningkatkan kemampuan konvergensi visual.
  • Sebagai stimulus agar anak bisa lebih mudah dan cekatan dalam menulis.

Dengan kekuatan genggaman tangan yang sering dilakukan anak selama brakiasi, membuat otot-otot tangan dan jari anak akan semakin kuat, sehingga saat anak berlatih menulis, tangan dan jari-jari mereka tidak mudah capek, hal inilah yang kemudian sangat mempengaruhi kemampuannya ketika belajar menulis.

  • Sebagai sarana permainan yang menyenangkan bagi anak.

Awalnya mungkin bagi sebagian anak takut bermain dengan tangga brakiasi, tetapi biasanya ketika mereka sudah mulai nyaman bergelantung dan berani menaiki tangga, mereka pelan-pelan akan memberanikan dirinya untuk berayun dan melakukan lebih banyak lagi gerakan di tangga brakiasi miliknya, tidak heran jika anak lalu ketagihan dan tidak mau berhenti karena asyik mengeksplornya.

  • Diluar dari fungsi yang sebenarnya, dirumah kami tangga brakiasi ini tidak hanya memfasilitasi keterampilan anak-anak melakukan brakiasi, tetapi terkadang juga memfasilitasi mereka untuk berkemah karena kami tidak memiliki tenda…hehe. Tangga brakiasi mendadak akan berubah menjadi tenda berselimut bed cover lengkap dengan kasur, bantal dan gulingnya. Tidak hanya itu, tangga brakiasi juga sebagai salah satu tempat ternyaman untuk baca buku di sore hari sambil duduk di swing atau sekedar menggelar kasur di bawahnya…hehehe

Tips Memilih Tangga Brakiasi Yang Tepat

tangga brakiasi

Dari sudut pandang sensorik, tangga brakiasi harus terbuat dari kayu dan tidak boleh dari besi, aluminium atau plastik.

Meskipun sudah berbahan kayu, pastikan agar tangan anak kering selama brakiasi supaya tidak terpeleset. Jika tangan anak berkeringat, kita dapat menyediakan handuk atau menggunakan gymnastics chalk powder, untuk menjaga supaya tangan anak tidak mudah basah.

Kebanyakan anak suka menggunakan gymnastics chalk powder karena seperti sedang mengecat tangannya dengan bedak yang berwarna putih..hehe.

Sebagai ibu yang memiliki dua orang anak, brakiasi memiliki andil besar dalam rutinitas harian kami menemani perjalanan anak-anak bertumbuh dan berkembang.

Meskipun berada di balkon lantai dua, tangga brakiasi kami terhubung dengan ruang belajar dan bermain anak-anak, tangga brakiasi sudah menjadi bagian rutinitas mereka untuk berlatih brakiasi dan mengeluarkan energi baik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas yang lain.

Ada satu hal yang kami perhatikan dari anak-anak kami, juga anak-anak lain yang belajar untuk brakiasi, rata-rata setelah seorang anak dapat melakukan brakiasi secara mandiri, mereka tidak pernah ingin berhenti. Mereka seolah-olah memiliki perasaan yang luar biasa ketika mereka dapat bergerak dan berayun dari anak tangga yang satu ke anak tangga yang lain.

Ketika secara mandiri mereka telah mampu melakukannya, mereka kadang merasa tidak butuh lagi ada orang dewasa yang menjaganya. Tidak mungkin pula bagi kita untuk menjaga mereka dan tangganya setiap waktu.

Kami sangat menikmati proses yang menakjubkan ini bersama, semoga begitu pula dengan Anda ya Moms. Dengan menerapkan tips yang sederhana tetapi sangat penting diatas, semoga anak Anda akan dapat belajar brakiasi secara mandiri sesegera mungkin.

Alasan Memilih Tangga Brakiasi Joywood

tangga brakiasi

Banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai tangga brakiasi milik kami ini. Dari pertanyaan mengenai harga, dimana belinya, apa saja manfaatnya, berapa ongkos kirim yang harus kami bayar..hehe, dan lain-lain.

Bahkan ada pula yang bertanya, alasan mengapa kami akhirnya menjatuhkan pilihan kepada merk Joywood untuk memfasilitasi dan menstimulasi kemampuan brakiasi anak-anak di rumah.

Melalui artikel ini, kami ingin menjawab seluruh pertanyaan tersebut secara rinci supaya dapat menjawab rasa penasaran Moms semua sekaligus memberikan testimoni setelah hampir satu tahun kami menggunakan produk ini.

Yang jelas banyak sekali ya Moms pertimbangannya, intinya teliti sebelum membeli. Salah satu yang memantapkan hati kami adalah admin Joywood sendiri merupakan praktisi metode Glenn Doman, beliau sangat menguasai produk, bahkan kami banyak mendapatkan wawasan mengenai metode Glenn Doman dari beliau.

Untuk spesifikasi dan lain-lain, akan kami jelaskan lebih lanjut, tarik napas ya Moms, stretching dulu karena artikel ini akan panjang saking lengkapnya..hehehe

Spesifikasi Tangga Brakiasi Joywood

Tampilan yang elegan dan berkelas karena didukung oleh berbagai pilihan warna yang unik dan tetap menarik untuk anak-anak, inilah salah satu hal yang membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap brand ini.

Namun, tentunya dalam membeli sebuah produk tidak cukup hanya melihat tampilan luarnya saja bukan ?, apalagi hal ini berhubungan dengan keamanan anak-anak dalam melakukan aktivitas fisiknya nanti.

Namun ternyata joywood menampik keraguan kami, tidak hanya tampilannya yang keren, tapi spesifikasinya pun oke banget. Tangga Brakiasi Joywood terbuat dari material kayu kamper Samarinda yang telah di oven.

Moms pasti tahu ya bagaimana kualitas kayu yang telah di oven, karena ini berarti bahwa dimensi kayunya stabil, anti jamur, dan kekuatan kayu terjaga dengan baik serta anti rayap.

Finishing kayunya pun sudah menggunakan sistem cat berbasis air ( waterbased ), sehingga hasilnya pun sempurna dan minim bau, dan yang pasti aman untuk baby and kids.

Menurut keterangan admin, Tangga Brakiasi Anak Joywood bisa menahan berat badan sampai 65 kg, tetapi pernah lho saya iseng-iseng naik dan ternyata dia bisa menahan berat saya yang hampir 70 kg..hehee. Terkadang apapun yang berkaitan dengan anak, saya seperti mendapat dorongan untuk memastikan apakah benar-benar aman atau tidak..hehe.

Tapi jangan diikuti ya Moms keisengan saya ini, tangga brakiasi Joywood dijamin aman kok karena memang benar-benar telah diuji, selain itu tangga brakiasi Joywood ini memang prioritasnya digunakan untuk anak-anak bukan orang dewasa…hehe

Oya, Tangga Brakiasi Joywood ini bisa dipakai bermain dua hingga empat anak secara bersama-sama, bagi Moms yang saat ini memiliki putra atau putri lebih dari dua orang atau mungkin dirumahnya sering dikunjungi tamu anak-anak, bermain brakiasi bersama-sama pasti lebih seru.

Pilihan Tipe Tangga Brakiasi Joywood

Ada beberapa pilihan tipe yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan anak saat membeli tangga brakiasi Joywood ini.

Tipe-tipe tersebut antara lain : 

  • Elephant Light
  • Penguin Star
  • Panda Moon
  • Giraffe Sun

Untuk warna, karena banyak sekali pilihan warna uniknya, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing keluarga.

Demikian juga dengan accessoriesnya, jika Moms menginginkan tambahan aksesoris untuk lebih memaksimalkan fungsi dari tangga brakiasi yang sudah dimiliki, Joywood juga telah menyediakan bermacam-macam accessories yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak.

Accessories tersebut antara lain :

  • Wooden ring
  • Rope Ladder
  • Rope Climbing / Tali Jala
  • Swing
  • Baby Swing
  • Wooden Slide
  • Wooden Slide Climbing

Nah, masing-masing accessories ini memiliki manfaat yang berbeda satu dengan yang lain, harganya pun berbeda-beda tiap itemnya, untuk harga accessories di luar harga tangga brakiasinya ya Moms.

Lama Pemesanan Tangga Brakiasi Joywood

Setelah konsultasi dengan admin, lalu berdiskusi bersama keluarga, akhirnya kami memutuskan untuk memilih tipe Elephant, dengan pertimbangan agar bisa digunakan secara bersamaan oleh kakak yang saat itu berusia enam tahun dan adik yang berusia tiga tahun.

Setelah menentukan tipe, barulah kami menentukan warna dan aksesorisnya.

Untuk estimasi proses pengerjaannya 7-14 hari kerja tergantung antrian list pre order, sabtu dan minggu tidak dihitung hari kerja karena tim produksinya libur.

Cara Pembayaran dan Pengiriman

Cara pembayarannya seperti biasa melalui transfer, untuk pembayaran awal 50% dulu sebagai bentuk tanda jadi sudah ikut list PO, setelah barang ready dan siap kirim baru pelunasan ditambah dengan ongkos kirim.

Joywood juga mengadakan sistem arisan dengan jangka waktu 3 / 5 / 10 bulan, tapi bagi yang menghindari sistem arisan karena takut membuka pintu hutang bisa skip ya Moms, solusi menyisihkan uang belanja bulanan dengan target yang jelas dan membelinya dengan cash mungkin akan lebih nyaman bagi Moms yang menghindari sistem arisan..hehe

Karena kami tinggal di luar JADETABEK, maka proses pengirimannya waktu itu menggunakan kargo, barang dikirim menggunakan kotak kayu yang kokoh, pengepakannya sangat rapi dan aman, sehingga barang sampai di alamat kami pun dengan aman tanpa lecet dan tanpa ada kerusakan akibat benturan saat pengiriman.

Pemasangannya juga sangat mudah, ada panduan dan video tutorialnya sehingga barang bisa dirakit sendiri, bahkan dalam merakitnya kami melibatkan anak-anak, jadi makin seru.

Nah, demikian Moms testimoni dari kami, jika saat ini Moms merasa sangat membutuhkan tangga brakiasi untuk melengkapi menu aktivitas fisik ananda di rumah, tetapi masih bingung harus beli dimana, Joywood bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat.

Moms bisa menghubungi admin Joywood di instagram @joywood_kids untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

Semoga tulisan ini dapat menjawab banyaknya pertanyaan yang sering sekali kami dapatkan seputar tangga brakiasi, apa saja manfaat dan kegunaannya, serta mengapa kami akhirnya memutuskan untuk memilikinya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Stay safe, stay health…

Salam sehat !!

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *