Membuat Kerajinan Tangan Bersama Anak

Membuat Kerajinan Tangan

Coba moms perhatikan, hampir semua anak-anak itu sangat suka jika diajak membuat kerajinan tangan lho, bagi mereka kegiatan ini sangat menyenangkan, apalagi kalau mereka berhasil menyelesaikannya dan menghasilkan sebuah karya dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya ya moms, karena biasanya kalau sudah agak besar kesukaan mereka untuk membuat kerajinan tangan akan mulai berkurang bahkan cenderung tidak akan menyukainya lagi, karena merasa kegiatan tersebut sudah tidak menantang dan menarik.

Anak yang sejak kecil sudah diajak membuat berbagai macam kerajinan tangan, daya kreativitasnya akan terasah dengan baik, sehingga meskipun nanti akan melalui fase dimana mereka cenderung sudah tidak menyukai kegiatan ini lagi, tetapi manfaat baiknya akan tetap mereka bawa hingga dewasa.

Tidak perlu membuat kerajinan tangan yang susah dan rumit moms, yang sederhana saja, mudah dibuat oleh anak, ambil tema yang dekat dengan keseharian anak, dan gunakan bahan-bahan yang mudah didapat, lebih baik lagi jika memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar.

Kemudian maksimalkan manfaat dari kegiatan ini, yaitu membangun kedekatan bersama anak, mengukir kenangan indah bersama mereka dengan beraktivitas bersama.

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Untuk Anak

Jika berbicara manfaat, jangan ditanya, kegiatan ini pasti sangat banyak sekali manfaatnya terlebih untuk anak-anak, manfaat tersebut antara lain :

Membangun Kedekatan Antara Orang Tua dan Anak

Baik ibu bekerja maupun ibu rumah tangga, bisa jadi keduanya jarang memiliki waktu yang benar-benar berkualitas bersama anak, Ibu bekerja sibuk dengan pekerjaan kantor, sedangkan ibu rumah tangga tenggelam dengan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang sepertinya tak ada jedanya.

Namun, sesibuk apapun orang tua, pasti moms semua bisa menyempatkan dan menjadwalkan diri untuk beraktivitas bersama anak, dan membuat kerajinan tangan sederhana di rumah bisa menjadi salah satu alternatif kegiatannya.

Dengan beraktivitas bersama anak, kita jadi mempunyai kesempatan berbicara dari hati ke hati dengan mereka, mengobrol tentang hobi barunya, teman-temannya, tentang guru dan sekolahnya, atau hal-hal lain yang lebih mendalam sekedar basa-basi, pasti anak sangat bahagia karena merasa diperhatikan.

Melatih Kemampuan Motorik Halus dan Kemampuan Dasar lainnya

Membuat kerajinan tangan dapat mengaktifkan otot-otot tangan karena tangan yang akan lebih banyak bekerja, seperti menggunting, melipat, mengukur, menggulung, menggunakan lem dari membuka, memutar, mengoles, menutup, dan lain-lain, karena mampu mengaktifkan kerja otot tangan, rangkaian kegiatan ini sangat bagus untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak.

Hampir semua rangkaian kegiatan dalam membuat kerajinan tangan diatas, juga melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan, serta kemampuan dasar lainnya.

Untuk itu sangat penting bagi anak dikenalkan sedini mungkin kegiatan-kegiatan bagus seperti ini supaya memudahkan mereka menjalani kehidupan sehari-harinya nanti.

Melatih Kerapian dan Kemandirian

Mengajak anak membuat kerajinan tangan bisa menjadi salah satu cara melatih anak untuk melakukan sesuatu dengan rapi dan mandiri lho moms, caranya : ajak anak menyiapkan alat-alatnya sendiri tentu untuk anak usia dini masih dengan bantuan ya.

Menjaga kerapian selama berkegiatan, bagaimana menggunakan alat-alat yang sedang dipakai dengan baik dan teratur, membuat karya dengan baik dan rapi, kemudian setelah selesai mengembalikan alat-alatnya ke tempat semula, ajak anak bersama-sama merapikan dan membersihkan ruang tempat membuat kerajinan tangannya tersebut.

Jika pola seperti ini terus dibiasakan, kerapian dan kemandirian anak akan terbentuk sejak dini karena kebiasaan yang baik dan teratur.

Mengasah dan Mengembangkan Kreativitas Anak

Daya kreativitas itu perlu dilatih dan diasah, tidak hanya berlaku untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa, hanya jika sudah dilatih sejak kecil pasti hasilnya setelah dewasa akan lebih tajam dan matang, harapannya kedepan anak-anak ini mampu menciptakan hasil karya dari olah pikirnya sendiri.

Membuat kerajinan tangan merupakan salah satu cara melatih, mengasah, membangun dan mengembangkan kreativitas anak, karena mereka dapat menggunakan imajinasinya secara aktif, selain itu disini anak juga akan dilatih belajar menyelesaikan masalah.

Kebanyakan anak yang dari kecil terbiasa berkreasi dengan imajinasinya kemungkinan besar dia akan menjadi orang dewasa yang tidak hanya mampu menciptakan karya seninya sendiri, tetapi juga mampu menghargai dan menyukai hasil karya seni orang lain.

Sedangkan manfaat untuk orang tuanya, membuat kerajinan tangan membantu mengurangi stress dan menggunakan otak dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Melatih Anak Belajar Mengenal Intruksi

Untuk anak yang membuat kerajinan tangannya masih menggunakan contoh dan petunjuk dalam membuatnya, mereka akan belajar bahwa ketika mereka tidak mengikuti instruksi yang ada dengan baik dan urut sesuai petunjuk, maka mereka akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan contoh yang sudah ada.

Hal ini mengajarkan kepada mereka tentang bekerja dengan sabar dan urut sesuai dengan intruksi yang ada.

Kegiatan Yang Menenangkan Anak

Membuat kerajinan tangan membantu anak untuk lebih tenang dan fokus. Seperti yang kita ketahui anak usia dini mempunyai energi yang melimpah, sehingga mereka cenderung aktif sekali ketika bermain, seperti berlari, melompat, memanjat, berguling dan lain sebagainya.

Membuat kerajinan tangan membantu anak lebih tenang untuk beberapa saat, coba moms perhatikan, anak usia dini cenderung akan lebih fokus membuat kerajinan tangan setelah energinya yang banyak tersebut tersalurkan.

Jadi ada baiknya, jika ingin mengajak anak usia dini membuat kerajinan tangan pastikan energi mereka yang melimpah ruah tersebut disalurkan terlebih dahulu.

Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Rasa percaya diri anak akan timbul ketika mereka berhasil membuat sesuatu yang merupakan hasil karya tangannya sendiri, apalagi untuk anak usia dini yang hobinya suka mencoba-coba, ketika mereka berhasil kepercayaan dirinya akan meningkat, kemudian biasanya mereka akan ketagihan untuk mencoba membuatnya lagi dan lagi hingga bosan sendiri, kalau sudah demikian fasilitasi saja ya moms, dukung mereka untuk membuat karya sebanyak yang mereka mau.

Bayangkan perasaannya, ketika mereka ingin mencoba membuat karyanya sendiri dan ternyata setelah lelah bekerja keras, mereka berhasil membuatnya, jangan lupa beri mereka apresiasi ya moms.

Tolok Ukur Pekembangan Anak

Mengajak anak untuk membuat kerajinan tangannya sendiri dapat digunakan orang tua untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak dalam melakukan beberapa hal.

Sebagai contoh kemampuan menggunting, untuk melatih kemampuan anak dalam menggunakan gunting ini harus melalui beberapa tahap, anak akan kesulitan jika belum melalui tahap memegang gunting dengan baik dan benar tetapi sudah diminta untuk menggunting berbagai pola, jadi disini orang tua mempunyai kesempatan untuk mengobservasi kemampuan anak.

Jika anak belum mampu, moms bisa menurunkan levelnya dan menstimulasinya bertahap, sebaliknya jika ternyata anak sudah mahir, moms bisa menaikkan levelnya secara bertahap.

Tidak hanya untuk kemampuan menggunting saja, tetapi juga kemampuan mengukur, dan kemampuan yang lainnya.

Sebagai Media Membuat Kenangan Bersama Anak

Kegiatan membuat kerajinan tangan bersama ini bisa dijadikan sebagai media yang bagus sekali untuk berinteraksi dan membangun komunikasi positif bersama anak, bukan tidak mungkin mereka akan mengingatnya meskipun sudah dewasa.

Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan membahagiakan akan terekam di alam bawah sadar anak, dan akan mereka bawa hingga dewasa kelak.

Yuk moms, banyak-banyak membuat kenangan indah bersama anak-anak kita.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *