Lentera Ramadhan

lentera ramadhan

Bismillah,

Salah satu cara yang kami lakukan untuk menumbuhkan antusiasme anak-anak dalam menyambut bulan Ramadan adalah membuat dekorasi sederhana bernuansa Ramadan disetiap ruangan di rumah kami.

Dekorasinya sederhana saja, yang mudah dibuat sendiri oleh anak-anak. Tentunya dengan tingkat kesulitan yang berbeda antara kakak dan adiknya.

Bahannya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Seperti lentera Ramadan ini, kita hanya perlu menyiapkan kertas origami, pensil, gunting, penggaris dan double tape saja, sudah bisa membuatnya dengan warna-warna yang berbeda.

Membuat lentera cantik untuk dekorasi Ramadan ini bisa dikerjakan beberapa hari sebelum masuk bulan puasa, sambil orang tua menjelaskan keistemewaan-keistimewaan yang ada di dalam bulan tersebut.

Atau bisa digunakan sebagai aktivitas tambahan selama anak-anak latihan puasa, supaya mereka selalu bersemangat.

Contohnya yang kami lakukan dengan lentera cantik ini. Lentera ini kakak buat selain untuk dekorasi Ramadan, juga dia gunakan sebagai penanda keberhasilannya dalam mencapai target puasa yang sudah dia tentukan sendiri sebelumnya.

Jika dia berhasil, di hari itu dia akan membuat satu lentera sebagai penanda keberhasilannya, inipun inisiatifnya sendiri. Kalau dalam 30 hari dia berhasil puasa sesuai targetnya artinya dia akan membuat 30 lentera juga, rencananya sebagian dari lentera ini akan digunakan untuk mendekor rumah saat hari Idul Fitri nanti dan sebagian yang lain sebagai hadiah lebaran untuk sahabat-sahabatnya.

Sebagai orang tua kami akan selalu memberikan dukungan selama itu baik, apalagi ini dalam rangka melatih anak untuk beribadah. 

Bismilah semoga senantiasa Allah merahmati anak-anak kita ya moms, dan memberikan kemudahan dalam setiap proses mereka melatih diri untuk taat terhadap penciptaNya.

Semoga walaupun masih dalam tahap latihan, tetapi ikhtiar-ikhtiar yang kita tempuh sebagai orang tua mampu menanamkan cinta ibadah dan mengokohkan tauhid kepada anak-anak kita. Aamiin.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *