Cara Membuat kupu-kupu Yang Cantik

cara membuat kupu-kupu

Kupu-kupu cantik ini merupakan ide original dari sekolahkudirumah, tujuan utama aktivitas ini adalah memberikan fasilitas untuk adik karena ketertarikannya akhir-akhir ini dalam menggunakan double hole puncher. 

Kreasi ini dikemas dengan tema metamorfosis kupu-kupu, menyesuaikan materi yang sedang di sukai anak-anak.

Persiapannya cukup mudah, hanya menyiapkan dua lembar kertas hvs, oil pastels, double tape, gunting, dan double hole puncher.

Karya ini dibuat oleh adik yang usianya masih tiga tahun dengan dibantu kakak (6 tahun) dan sedikit bantuan umma untuk menyelesaikan bagian yang adik tidak mampu mengerjakannya sendiri.

Selain tujuan utama diatas, aktivitas ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas anak, membuat anak sibuk dengan jari-jemarinya.

Dalam pembuatannya, menggunakan alat-alat yang sering dijumpai anak-anak sehingga anak mengetahui fungsi dan peruntukan dari alat-alat tersebut.

Di setiap proses aktivitas ini mengandung banyak sekali manfaat lho moms, antara lain :

  1. Kegiatan mewarnai kertas menggunakan oil pastels. 

Dengan memberikan kesempatan anak untuk mewarnai kertas polos menggunakan alat warna pilihannya dan memberikan kebebasan kepadanya untuk menggoreskan warna sesuai dengan keinginanya, hal ini sangat bermanfaat untuk melatih kreativitas dan melatih kemampuannya dalam berimajinasi. 

Manfaat lain yang didapat anak adalah bahwa kegiatan memegang oil pastels dan menggerakkannya dapat menguatkan otot-otot jari-jari tangannya, melatih koordinasi mata dan tangan. Ini juga merupakan bagian dari kegiatan pra menulis.

  1. Kegiatan menggunakan alat double hole puncher.

Selain untuk menyalurkan rasa penasaran adik terhadap alat ini. Aktivitas ini mempunyai manfaat untuk memberikan kesempatan anak untuk mengamati cara kerja dan fungsi dari alat tersebut.

Melatih kekuatan tangannya, memperpanjang rentang konsentrasi, dan problem solving.

  1. Kegiatan menggunting.

Bermanfaat untuk memberi bekal anak untuk memperoleh ketrampilan hidup sehari-hari, melatih motorik halus, koordinasi mata dan tangan, melatih fokus, belajar tentang konsep tajam, runcing, tumpul dan mengasah kemampuan problem solving.

  1. Kegiatan menggunakan double tape.

Kegiatan menggunakan double tape ini nampaknya sederhana, tapi kaya manfaat lho mom, antara lain : melatih kesabaran anak, konsentrasi, motorik halus, koordinasi mata dan tangan.

Nah moms sudah tahu kan manfaatnya, yuk ajak anak-anak membuat kupu-kupu cantik seperti ini. 

Hasil karyanya bisa dijadikam hiasan di ruang belajar atau di kamarnya lho. Mereka pasti akan semakin bersemangat membuat karya-karya baru yang lain dan makin kreatif. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Aktivitas Lainnya

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *